Diposting oleh:

STAI Tasikmalaya Gelar Kegiatan Pembekalan Jabatan Fungsional Dosen

staitasik.ac.id – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya menggelar kegiatan Pembekalan bagi para dosen dalam teknis pengisian dan pangajuan Jabatan Fungsional Dosen. Kamis (18/11/2021).

Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu, dikutip dari situs TEMPO.CO.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat pimpinan kampus STAI, Jl. Nonoeng Tisnaputra No. 16, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Yang dibuka oleh ketua STAI Tasikmalaya Dr. Abdul Haris, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dosen punya hak dan kewajiban diantaranya berkewajiban untuk mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi kemudian setelah itu akan diberi hak untuk mengajukan kepangkatan atau jabatan fungsional dengan syarat dan ketentuan yg berlaku. Pada intinya dosen mesti rajin dalam sisi administratif untuk mempersiapkan kenaikan pangkat atau jabatan fungsional secara terstruktur.

Ditempat yang sama Ketua III Bidang Tata Pamong dan organisasi Dr. Rifyal Luthfi MR., M. Pd.I., sebagai leading sektor kebijakan PAK dan juga sebagai pemateri, dalam hal ini Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan serta unit kerja yang terkait yakni P2PM dan bidang SDM beserta para Dosen yg akan naik jabatan fungsionalnya.

Kegiatan ini juga bertujuan memberikan wawasan bagi dosen, terkait aturan-aturan yang telah ditentukan sesuai perundang-undangan mengenai kenaikan jabatan fungsional, serta bagaimana teknis dan strategi dalam pengajuan pangkat akademik dari Lektor ke lektor kepala yang kemudian dari Lektor kepala menjadi guru besar.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, pemahaman eksistensi tugas dan fungsi dosen di kampus meningkat. Sehingga dapat mengimplementasikan profesionalitas dosen terutama pada ranah tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“kegiatan ini Juga sebagai salah satu momentum berbagi pengetahuan secara teknis dalam pengisian pengajuan angka kredit dosen,” ucapnya.

LPPM

LPPM

Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

LPMP

LPMP

Pusat Perencanaan dan Penjaminan Mutu

P2B

P2B

Unit Penunjang Pengembangan Bahasa

PTI

PTI

Unit Penunjang Teknologi Informatika