Diposting oleh:

Bingung Kuliah Dimana? Yuk ! Kenalan Sama STAI Tasikmalaya

staitasik.ac.id – Survei mengatakan, 87 persen mahasiswa mengaku salah pilih jurusan, pendapat ini dilontarkan oleh Andi Fajria seorang ahli obervasi anak sekaligus penemu observasi bakat. Hal ini dikarenakan kebingungan mahasiswa memilih jurusan dan tempat kuliah pada awal-awal kelulusan, hingga terjadi asal-asalan dalam memilih kampus. Bahkan, kebingungan mereka bisa menjadi sumber depresi tersendiri.

Bisa dikatakan, setiap lulusan menginginkan kuliah di perguruan tinggi negeri ternama, karena image perguruan tinggi negeri terbilang bagus dan menjanjikan kedepannya. Tetapi sayangnya, tidak semua bisa terwujud mengenyam pendidikan di sana. Seleksi yang ketat dari SBMPTN, SNMPTN, dan UMPTN tidak semudah yang dibayangkan, sehingga banyak pula yang gagal meskipun sudah mengikuti ketiga penyeleksian sekalipun. Eits, tapi tunggu dulu! bukan berarti mereka yang gagal adalah kurang pintar atau tidak berprestasi loh, lebih tepatnya mereka hanya kurang beruntung.

Belum lagi biaya kuliah di PTN cukup menguras banyak kantong, meskipun pemerintah telah banyak memberikan bantuan berupa beasiswa atau hal-hal lain, tetapi tidak semua beruntung mendapatkan itu. Ditambah lagi gaya hidup mahasiswa PTN bisa dikategorikan agak mewah, ya sekurang-kurangnya cukup memberatkan bagi golongan menengah ke bawah.

Hadirnya STAI Tasikmalaya yang Insyaallah akan bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Tasikmalaya (IAIT) mungkin bisa dipertimbangkan untuk dijadikan kampus pilihan loh… Biaya kuliah di STAI terbilang murah namun tidak murahan. Bahkan, kamu bisa sambil bekerja, karena jam kuliah di STAI sangat fleksibel. Malahan kebanyakan mahasiswa STAI memang sudah bekerja atau memiliki kesibukan yang padat baik ditempat kerja atupun yang ada di pondok pesantren.

STAI juga termasuk kampus tertua di Tasikmalaya, didirikan pada tahun 1974 dengan program studi pertamanya adalah PAI (Pendidikan Agama Islam) bahkan, saat itu gelar bagi lulusan PAI masih Drs, S.Ag, sampai S, Pd.I. Jadi untuk sepak terjang pendidikan di STAI Tasikmalaya sudah tidak diragukan lagi.

Sekarang STAI Tasikmalaya sudah memiliki tujuh program studi bagi S1 dan satu program Studi bagi S2.

1. PAI (Pendidikan Agama Islam)
Bagi kamu yang bercita-cita menjadi guru agama atau kamu termasuk yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia dan mempunyai ambisi untuk merubahnya, jurusan ini sangatlah cocok. Lulus dari STAI Tasikmalaya kamu bisa segera mengajar entah di SD, SMP atau SMA. Bahkan bisa menjadi konsultan pendidik,praktisi pendidikan, entrepreneur juga penulis buku ajar atau buku populer.

2. PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)
Bagi kamu yang senang berinteraksi dengan anak-anak usia 7-13 tahun atau bercita-cita menjadi guru di madrasah ibtidaiyah, jurusan ini bisa menjadi pilihan terbaik dengan output menjdi ahli dalam bidang pendidikan dasar, konsultan pendidikan, entrepreneur, bahkan menjadi penulis buku.

3. PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Kamu senang berinteraksi dengan anak kecil di bawah usia 6 tahun, karena memiliki jiwa keibuan. Jurusuan ini sangat bagus loh, setelah lulus kamu bisa langsung gabung mengajar di TK, RA, SPS, Ta`am, Kober, dan Pendidikan Usia Dini yang lainnya. selain itu di prodi ini, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi pendidik dan pembimbing anak usia dini dari perkembangan fisik hingga psikologisnya, Juga menjadi konsultan pendidikan, penulis buku ajar dan kompetensi yang lainnya.

4. Ekonomi Syariah (EKSYAR)
Dalam prodi ini, kamu akan belajar ilmu ekonomi dan teori ekonomi mikro juga ekonomi makro, cara mengelola sumber daya alam, manusia, modal dan waktu. Bahkan di prodi ini kamu akan mempelajari dari perspektif islam/ syariah. Kamu akan belajar kebijakan ekonomi, keuangan, hutang piutang, dan bisnis dalam islam, serta bagaimana pengelolaan lembaga keuangan syariah. Selain itu bisa juga menjadi konsultan ekonomi, pegawai perbankan juga penulis buku dan lain sebagainya.

5. Hukum Keluarga Islam (HKI)
Bagi kamu yang ingin menjadi hakim, advokat, mediator, penghulu, penyuluh, juru sita, konsultan hukum dan tenaga ahli hisab rukyat. Jurusan ini sangat pas buat jadi pilihanmu.

6. Hukum Tata Negara (HTN)
Dalam prodi ini kamu akan mempelajari pengaturan masalah kenegaraan bersifat luar negeri, serta kedaulatan negara. Dan setelah lulus, kamu bisa jadi praktisi hukum, praktisi hukum, praktisi politik islam dan masih banyak lagi prospek kerja lainnya.

7. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Kamu akan belajar tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan,dan pengawasan proses Pendidikan serta infrastruktur lembaga pendidikan. Lulusan Manajemen Pendidikan Islam tidak hanya dapat berkarir di lembaga pendidikan, karena pada dasarnya setiap Lembaga membutuhkan manajemen yang baik. Setelah lulus, kamu bisa langsung bekerja menjadi administrasi pendidikan, analis sistem pendidikan, konsultan pendidikan,supervisor pendidikan, juga peneliti di bidang pendidikan.

8. Program Magister Pendidikan Agama Islam (S2)
Di Program ini akan diperdalam keilmuan pendidikan Islam secara komprehensif dengan dosen yang mempuni serta mahasiswa akan dicetak menjadi pendidik agama islam yang profesional, berilmu luas, dan beradab mulia. Selain itu lulusan juga bisa menjadi konsultan pendidikan, penulis buku, bahkan tidak hanya mengajar di pendidikan dasar, menengah dan atas, juga bisa mengajar diperguruan tinggi.

Apa yang penulis catat di atas hanya segaian kecil saja informasi yang disampaikan, sebenarnya masih banyak peluang yang bisa kamu dapatkan dari jurusan manapun termasuk kegiatan mahasiswa yang dinamis, mulai dari DEMA, HIMA, UKM dan Organ Ekstra yang dapat memberikan pengalaman secara praktis dalam bingkai akademis. Kemudian prospek kerja dari setiap jurusan di STAI Tasikmalaya tidak sesempit itu, kamu masih bisa berkreasi sejauh mungkin. Karena masih banyak yang bisa kamu gali di STAI Tasikmalaya.

Sumber : Ketua STAI Tasikmalaya, Dr. Abdul Haris, M.P.d